Alam Sutera DOCTORS

dr. Alfa Ferry, MD, FRCS, FCF, FIHA, SpBTKV

Doctor

Alam Sutera dr. Alfa Ferry

Dokter Spesialis Bypass Jantung Koroner dan juga sebagai anggota Tim Dokter Spesialis Penyakit Jantung & Bedah Toraks / CABG (Coronary Artery Bypass Graft) OMNI Hospital Alam Sutera

Dr. Alfa Ferry, MD, FRCS, FCF, FIHA, SpBTKV adalah anggota tim dokter spesialis Jantung & Bedah Toraks / CABG (Coronary Artery Bypass Graft) yang dimiliki OMNI Hospitals Alam Sutera dan Pulomas. Ia merupakan lulusan dari National University of Malaysia (UKM/MD 1988) dan kemudian berhasil meraih gelar spesialis bedah umum dari Royal College of Surgeon Glasgow (Skotlandia) tahun 1996. Setelah itu, beliau mendapatkan gelar ahli bedah umum dari Institut Jantung Negara Malaysia tahun 1999 dan melanjutkan Fellow Cardiac Surgeon di Cleveland, USA 1999 – 2000. dr. Alfa Ferry juga memiliki banyak pengalaman dibidangnya semisal konsultan bedah Jantung RS Mitra tahun 2003 – 2010 dan konsultan bedah jantung RSPAD tahun 2003, OMNI Hospitals Alam Sutera dan OMNI Hospitals Pulomas sampai saat ini.

  • National University of Malaysia (UKM/MD 1988)
  • Fellow Cardiac Surgeon di Cleveland, USA 1999 – 2000
  • MD (UKM), Universiti Kebangsaan Malaysia, 1988
  • FRCS (Glasgow), Royal College of Physician & SUrgeon of Glasgow, 1996
  • USMLE (United States), 1998
  • Cardiothoracic Surgeon, IJN, Institut Jantung Negara Malaysia, 1999
  • Fellow Cardiac Surgeon, Cleveland CLinic USA, 2000
  • SpBTKV, Spesialis Bedah Kardiovaskular Indonesia, 2003

Specialities

  • Spesialis Bedah Umum dari Royal College of Surgeon Glasgow (Skotlandia) tahun 1996.
  • Ahli Bedah Umum dari Institut Jantung Negara Malaysia tahun 1998
  • Konsultan Bedah Jantung RS Mitra tahun 2003 – 2010
  • Konsultan Bedah Jantung RSPAD tahun 2003 sampai saat ini
  • Konsultan Bedah Jantung OMNI Hospital Alam Sutera tahun 2013 - sekarang

Current Position 

  • Consultant Cardiothoracic Surgeon at Central Army Hospital, Jakarta, Indonesia.
  • Consultant Cardiothoracic Surgeon at OMNI Hospital Alam Sutera

Paper & Presentation 

  • Cardiac Myxoma: IJN Experience 1997
  • CABG in poor LV (EF,30%) IJN 1998
  • Total Correction of TOF, retrospective study in IJN 1999 (presentes in IJN - Mayo symposaium KL 1999)
  • Further Experience with Complete Atrioventricular Canal. Cleveland Clinic Exdperience. M A Ferry, FRCS, JJ Drummond-Webb FCS(SA), R B B Mee, FRACS. (presented at ODICH meeting in Detroit, Michigan June 2000)
  • Surgical Management f Unstable Angina Pectoris. Harapan Kita, Jakarta, 2001
  • Modified BT shunt, HARAPAN KITA experience 2001
  • Hemisternotomy, novel approach for simple Congenital Heart Surgery. Indonesian Heart 2002. (presented in ASCVS X Korea 2002)
  • Fast Track Coronary Bypass Grafting, Jakarta 2003
  • Coronary Surgery, Experience in private practice inIndonesia, Jakarta 2007
  • Total Arch Repair, a report, Central Army Hospital 2008
  • Rupture of LV free wall aneurysm. A Report of successful operation 2007
  • AV groove dehiscence, intra operative repair in 2 cases. Harapan Kita 2010.
  • Apa itu Penyakit Katup Jantung?

    Penyakit katup jantung adalah gangguan atau penyakit pada katup jantung, yaitu jaringan penutup yang mengatur aliran darah ke dan dari ruang jantung.

    Pasien dengan penyakit katup jantung memiliki malfungsi satu atau

    Read More

    Penyakit katup jantung adalah gangguan atau penyakit pada katup jantung, yaitu jaringan penutup yang mengatur aliran darah ke dan dari ruang jantung.

    Pasien dengan penyakit katup jantung memiliki malfungsi satu atau lebih katup jantung. Ada beberapa tipe penyakit katup jantung dengan gejala dan pilihan pengobatan berbeda.

    Masalah dengan katup jantung mungkin terjadi sebagai akibat infeksi (paling umum infeksi endokarditis dan demam reumtik), degenerasi, atau tidak normal keturunan.

    Penyebab dan Gejala

    Endokarditis Infektif – Sebagian besar orang sehat, jantung normal tidak beresiko signifikan untuk terkena infeksi katup jantung ini. Ereka dengan demam reumatik, dengan luka parut, atau penyakit jantung keturunan, mungkin terkena penyakit ini.

    Bedah mulut atau operasi yang melibatkan mulut, kantung kemih, prostat, atau organ pelvis wanita meningkatkan resiko infeksi ini. Penyakit juga mungkin terjadi pada pecandu obat yang menyuntikan obat melalui vena mereka menggunakan jarum tidak steril, bahkan jika mereka memiliki katup jantung normal. 

    Pasien yang memiliki penyakit mungkin merasakan demam, lemah lesu, berkeringat malam, kedinginan, dan inflamasi sendi. Pada pasien dimana penyakit ini berkembang perlahan, gejala mungkin meliputi detak jantung cepat, pembesaran limpa, berbagai ruam atau bintik kulit, dan murmur jantung. Demam reumtik – Ini diakibatkan respon alergi pada tipe tertentu bakteri streptokokal. Jika ini terjadi, ini mungkin sering terjadi pada anak yang mengalami infeksi streptokokal yang tidak diobati sepenuhnya. Penyakit jantung reumatik kronik dapat diakibatkan dari hanya satu atau beberapa serngan demam reumatik.

    Gejala deman reumatik meliputi demam, nyeri sendi, dan baik benjolan dibawah kulit atau timbulnya kemerahan pada kulit. Penyakit katup jantung lainnya – Dengan penuaan, kumplan kalsium menyebabkan penebalan dan kebocoran katup jantung. Serangan jantung dapat duja merusak struktur katup mitral, dan gangguan jaringan konektif tertentu seperti sindrom Marfan dan degenerasi myxomatus, dapat juga berlawanan mempengaruhi katup jantung.

    Diagnosa 

    Tipe penyakit katup jantung tertentu didiagnosa menggunakan elektrokardiogram, echokardiogram, studi x-ray tertentu, dan/atau kateterisasi jantung.

    Endokarditis Infektif
    Diagnosis bisa didapat melalui sejarah, pemeriksaan fisik, tes lab, EKG dan echocardiogram.

    Demam Reumatik
    Demam reumatik dicurigai mengikuti infeksi tenggorokan terakhir. Gejala meliputi nyeri sendi, electrocardiogram tidak normal atau inflamasi jantung diindikasikan melalui tes darah. Murmur jantung dideteksi dari pemeriksaan rutin.

    Pengobatan 

    Pengobatan penyakit katup jantung spesifik bervariasi, tergntung katup yang terlibat dan sejauh mana kerusakan atau malfungsi. Beberapa pasien tidak memerlukan pengobatan spesifik dan banyak bisa diobati dengan obat-obatan. Kadang, pasien memerluka operasi. Jika penyakit katup berganda dicurigai, katup yang berbeda dievaluasi saat operasi salah satu katup yang terkena. Wanita dengan penyakit katup jantung dan ingin mengandung harus melakukan cek up menyeluruh dan menemui ahli jantung teratur selama kehamilan mereka.

    Endokarditis Infektif
    Tergantung tipe bacterium yang menyebabkan penyakit, antibiotika yang sesuai atau kombinasi antibiotic digunakan untuk mengobati endokarditis infektif. Kasus parah diperbaiki dengan operasi penggantian katup.

    Demam Reumatik
    Pasien dengan demam reumatik diobati dengan antibiotika untuk menghilangkan organisme streptokokal yang masih tinggal di jantung. Pasien menerima antibiotika untuk mencegah infeksi lebih lanjut, dan inflamasi diobati dengan aspirin atau obat serupa kortison.

     

    Dr. Alfa Ferry

    Dr. Alfa Ferry

    MD, FRCS, FCF, FIHA, SpBTKV | Doctor

    Read More

  • Bedah Jantung dengan Metode CABG

    Sering kita mendengar istilah Bypass Jantung. Sebetulnya apa yang dimaksud dengan Bypass Jantung atau bedah jantung?

    CABG atau Coronary Artery Bypass Graft adalah tindakan bedah jantung yang berfungsi untuk mengalihkan aliran

    Read More

    Sering kita mendengar istilah Bypass Jantung. Sebetulnya apa yang dimaksud dengan Bypass Jantung atau bedah jantung?

    CABG atau Coronary Artery Bypass Graft adalah tindakan bedah jantung yang berfungsi untuk mengalihkan aliran darah pada pembuluh darah yang mengalami penyumbatan dengan menggunakan pembuluh darah dari bagian tubuh yang lain, seperti tungkai dan bawah dada. Tindakan ini dilakukan untuk mengembalikan aliran darah ke otot jantung yang semula tersumbat menjadi normal kembali. Tindakan bedah jantung ini dilakukan apabila penyumbatan pada pembuluh darah arteri yang menyuplai makanan untuk otot jantung terjadi pada beberapa titik sehingga sudah tidak memungkinkan lagi untuk dilakukan pemasangan stent. Dengan dilakukannya tindakan ini, diharapkan gejala seperti nyeri dada dan sesak nafas akibat aliran darah yang semula tersumbat dapat kembali normal.

    Selain Coronary Artery Bypass Graft (CABG), tindakan bedah jantung juga dapat dilakukan pada kasus-kasus berikut:
    - Gangguan pada katup jantung (heart valve disease) adalah kondisi di mana salah satu dari 4 katup jantung, yaitu katup mitral, katup tricuspid, katup pulmonary, atau katup aorta yang berfungsi menjaga aliran darah dari dan ke jantung, tidak berfungsi dengan normal.
    - Kelainan jantung bawaan (congenital heart disease) baik pada anak maupun dewasa, contohnya Atrial Septal Defect (ASD, Patent Ductus Arteriosus (PDA), dan Ventricular Septal Defect (VSD)
    - Gagal jantung (heart failure) adalah kondisi di mana otot jantung tidak mampu memompa darah sebagaimana seharusnya. Gagal jantung terjadi akibat penyempitan pembuluh darah (penyakit jantung koroner) atau hipertensi yang semakin lama akan membuat otot jantung tidak dapat bekerja optimal
    - Thoracic & abdominal aortic aneurysm adalah kondisi di mana terjadi penipisan pada dinding pembuluh darah aorta yang dapat robek atau pecah sewaktu-waktu.


    Narasumber:

    Alfa Ferry, MD, FRCS (Glasgow), Sp.BTKV
    Spesialis Bedah Toraks Kardiovaskular Omni Hospitals

Jadwal Praktek Dokter :

#OMNI Hospitals Pulomas#

Selasa & Jumat : 15.00 - 18.00 WIB (Apt)

#OMNI Hospitals Alam Sutera#

Rabu    : 16.00 - 19.00 WIB (Apt)

Jumat   : 13.00 - 16.00 WIB (Apt)