Alam Sutera DOCTORS

dr. Handojo Tjandra, MD.,MMed O&G (M'Sia).,Sp.OG

Doctor

Alam Sutera dr. Handojo Tjandra

Dokter Spesialis Kebidanan & Penyakit Kandungan / Obstetri & Ginekologi

Spesialities

  • Medical Doctor (MD), Airlangga University, Surabaya
  • Clinical Specialist / Master of Medicine of Obstetrics & Gynaecology (MMed O&G), University of Sciences Malaysia
  • Adaptation program at Faculty of Medicine, Dept. of Obstetrics and Gynaecology, University of Indonesia, Jakarta
  • Passed The National Conjoint Board Exam (SpOG), Indonesian Collage of Obstetrician & Gynaecologist, Jakarta.

Dissertation

  • A Comparison of two regiment of intravaginal Gemeprost for Induction of second trimester missed miscarriage

Work Experiences

  • Medical Officer in Puskesmas Manufui (Primary Healthy Care), East Nusa Tenggara, 1998-2000
  • Medical Officer in Mitra Masyarakat Hospital, timika, Papua, 2001-2003
  • Clinical Research doctor of Menzies School of Health Research (Australia) in Mitra Masyarakat Hospital, Timika, Papua, 2002-2004
  • Residence Medical Officer in Siloam Gleneagles Hospital, Lippo Karawaci, Tangerang, 2004-2005.

Skills

  • Excellent social, interpersonal and communication skills to interact with patients and hospital staff
  • Strong ability to work under extreme pressure of childbirth, delivery and gynaecology procedures.

Workshops, Courses and Seminars

  • Biothics and Communication Skills Workshop, Malaysia, 16-19 March 2008
  • Good Clinical Practice Workshop, Malaysia, 17-19 August 2008
  • Office Gynaecology Workshop, Malaysia, 3 July 2009
  • Gynae-oncology Seminar, Malaysia, 20-25 February 2011
  • The 11-13 weeks Scan Course, Fetal Medicine Foundation, 2014 Foundation, 2014
  • Fetal cardiac Scanning Course, Fetal Medicine Foundation, 2014
  • Fetal Abnormalities Course, Fetal Medicine Foundation, 2014
  • Symposium on Minimally Invasive Surgery Multy-Disciplinary Perspective & Workshop, Jakarta, 27 September 2014
  • Clinical Training Skills Course, Jakarta, 2-8 January 2015
  • Basic Ultrasound in Obstetrics & Gynaecology Course, Jakarta, 27-29 April 2015
  • Basic Surgical Skills in Obstetrics and Gynaecology Course, Jakarta, 10-12 April 2015
  • Basic Surgical Skills in Gynaecology Laparoscopy Course, Bali, 30 May - 1 June 2015
  • Advanced 3D and 4D Ultrasound in Obstetrics, Jakarta, 15 December 2015
  • AOFOG-Ian Donald Update Ultrasound Course, Jakarta, 28-29 February 2016
  • Maternal-Fetal Symposium, Jakarta, 27 March 2016
  • Gynae-Endoscopy Seminar, Jakarta, 25 July 2016

Organization Experiences

  • Member of IDI Indonesian Medical Association
  • Member of OGUSM (Obstetrical & Gynaecological Society of USM ) Malaysia
  • Member of POGI (Indonesian Society of Obstetrics & Gynaecology)

 

  • Terapi Fertilitas, Penanganan Gangguan Kesuburan Wanita

    Setiap pasangan usia subur, tentu menginginkan anak untuk melanjutkan keturunannya. Gangguan kesuburan dan ketidakmampuan wanita untuk hamil dan mempunyai anak dikenal sebagai subfertilitas. Di Indonesia, penanganan gangguan kesuburan ini lebih

    Read More

    Setiap pasangan usia subur, tentu menginginkan anak untuk melanjutkan keturunannya. Gangguan kesuburan dan ketidakmampuan wanita untuk hamil dan mempunyai anak dikenal sebagai subfertilitas. Di Indonesia, penanganan gangguan kesuburan ini lebih dikenal sebagai Program Hamil.

    Infertilitas diartikan sebagai ketidakmampuan seorang wanita untuk hamil dan mempunyai anak setelah menikah dan berhubungan dengan suami secara teratur selama lebih dari satu tahun, tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

    Pasangan usia subur biasanya melakukan pemeriksaan ke dokter ahli kebidanan dan kandungan (Spesialis Obstetri & Ginekologi) untuk menjalani program hamil, dengan mengidentifikasi penyebab dan berusaha mencari solusi masalah yang mereka hadapi.

    Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), satu dari empat pasangan usia subur di negara berkembang mengalami masalah infertilitas. Bahkan data WHO memperkirakan bahwa lebih dari 186 juta wanita usia subur di negera berkembang tidak dapat mempunyai keturunan.

    Dengan kemajuan dunia kedokteran, telah ada metode untuk mengatasi problema setiap pasangan yang tak kunjung mendapatkan keturunan, yakni dengan program hamil.


    Apa itu Program Hamil?
    Program hamil adalah metode yang terbukti sukses meningkatkan angka kehamilan. Metode ini meliputi diagnosis dan terapi yang menyeluruh pada wanita dan pasangannya. Sepertiga penyebab infertilitas adalah masalah pada wanita. Sepertitiga adalah masalah pada pria. Dan sepertiga adalah masalah pada kombinasi keduanya (suami-isteri) atau bahkan tidak ditemukan penyebabnya (unexplained).

    Seperti kita ketahui bahwa kehamilan adalah hasil dari beberapa proses. Proses wanita mengeluarkan sel telur dari indung telur dinamakan Ovulasi. Sel telur harus mampu melewati saluran tuba menuju ke rahim. Sperma harus mampu membuahi sel telur wanita. Dan telur yang telah dibuahi harus mampu menempel dan tumbul didalam rahim, yang lebih dikenal sebagai proses implantasi. Terjadi infertilitas, bila ditemukan masalah pada proses tersebut di atas.

     

    Apa Saja Penyebab Infertilitas?
    Permasalahan infertilitas pada wanita disebabkan gangguan proses ovulasi. Masalah ovulasi terbanyak infertilitas adalah PCOS (Sindroma Poli Kistik Ovari). Penyebab lainnya seperti saluran tuba yang buntu, kelainan rahim atau myoma dalam rahim.

    Sedangkan, infertilitas pada pria karena adanya gangguan pada sperma, jumlah sperma yang kurang, gangguan gerakan sperma atau bentuk sperma yang tidak normal. Pada pria penyebab yang cukup banyak dijumpai adalah varicocele.

     

    Apakah obat yang dipakai untuk terapi fertilitas?
    Obat yang paling sering dipakai pada wanita untuk induksi ovulasi adalah klomifen. Obat terbaru terapi fertilitas yang ada saat ini adalah letrozole. Obat ini biasa diminum mulai hari kedua hingga hari keenam haid. Obat ini terutama digunakan pada wanita dengan gangguan ovulasi, termasuk pada pasien PCOS. Obat lain yang juga bisa digunakan pada PCOS adalah metformin. Induksi ovulasi dengan klomifen atau letrozole, tidak direkomendasikan untuk digunakan lebih dari enam kali jika belum berhasil hamil. Ada juga obat-obat lain dalam bentuk suntikan untuk induksi ovulasi dengan angka keberhasilan yang lebih baik, tapi dengan biaya yang jauh lebih mahal daripada obat minumnya.

     

    Apakah Inseminasi dalam rahim?
    Inseminasi adalah suatu metode memasukkan sperma yang telah dicuci ke dalam rahim dengan menggunakan alat khusus. Biasanya pasien akan mendapat obat induksi ovulasi sebelum inseminasi. Dan selanjutnya dilakukan evaluasi ukuran folikel di dalam indung telur dengan USG Transvaginal (usg melalui jalan lahir). Dalam hal ini USG Transabdominal (usg pada dinding perut) tidak dapat digunakan untuk mengevaluasi dengan jelas pertumbuhan sel telur. Setelah didapat folikel yang cukup matang, biasnaya diberikan suntikan pemecah telur (36 jam sebelum prosedur inseminasi).

    Inseminasi biasanya dilakukan dengan indikasi tertentu, misalnya belum berhasil hamil setelah enam kali klomifen. Atau pada gangguan sperma ringan, gangguan cairan pangkal rahim atau pada pasangan dengan unexplained infertility (infertilitas yang tidak ditemukan penyebabnya).

     

    Apakah Program Bayi Tabung (IVF)?
    IVF adalah metode pembuahan sel telur oleh sperma di luar tubuh. Saat in, IVF adalah metode terapi fertilitas yang paling efektif. IVF digunakan pada wanita dengan saluran tuba yang tersumbat, atau suami dengan jumlah sperma sangat sedikit. Obat-obatan akan diberikan pada ibu agar indung telur memproduksi cukup banyak sel telur. Sel telur akan diambil dan sperma kualitas terbaik akan disuntikkan ke dalam sel telur di laboratorium. Tiga sampai lima hari kemudian, hasil pembuahan yang paling bagus akan dimasukkan ke dalam rahim si ibu.

    OMNI Hospital Alam Sutera memiliki pelayanan Program Hamil dengan inseminasi dan program bayi tabung (IVF Center). OMNI Hospital Alam Sutera bekerjasama dengan INDO Fertility and IVF Centre by Family Reproduksi Bahagia dengan didukung metode cukup mutakhir. Sebagai pusat pelayanan fertilitas terbaik dan didukung oleh dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi lulusan dalam dan luar negeri, memiliki standar internasional (Royal College Obstetrician & Gynaecologist).

     

    dr. Handojo Tjandra MD, Mmed O&G (M’Sia) SpOG

    Obstetrician and Gynaecologist OMNI Hospital Alam Sutera

     

    Jadwal Praktek

    Senin – Sabtu                          :  08.00 – 14.00 WIB

    Senin, Jumat dan Sabtu          :  17.00 – 20.00 WIB

Jadwal Praktek Dokter

Pagi

Senin - Jumat              : 08.00 - 15.00

Sabtu                           : 08.00 - 16.00

 

Sore

Senin                            : 17.00 - 19.00