Pulomas DOCTORS

dr. Kabul Priyantoro, Sp.JP(K), FIHA

Doctor

Pulomas dr. Kabul Priyantoro

Dokter Spesialis Jantung & Pembuluh Darah (Intervensi) / Cardiologist Intervention

dr. Kabul Priyantoro, Sp.JP (K), FIHA merupakan seorang dokter spesialis jantung dan pembuluh darah (Jantung / Cardiologist). Saat ini beliau berpraktik di OMNI Hospital Cikarang &OMNI Hospital Pekayon 

Pendidikan

  • Fellowship Program Cardiology Intervention at RS Jantung Binawaluya Jakarta (2019)
  • S2 Pendidikan Spesialis Jantung & Pembuluh Darah Universitas Indonesia. (2009-2013)
  • S1 Pendidikan Dokter Umum Universitas Diponegoro, Semarang (1998-2004)

Keahlian

  • Clinical : Cardiovascular Medicine (as stated officially in my clinical competency certificate) Echocardiography and vascular duplex sonography, Diagnostic Angiography (Coroner & congenital heart disease), pacemaker implanation, Management ventilator & critically ill cardiac patient And others as in competency letters
  • Intervention Cardiologist
  • ACLS (Advance Cardiac Live Support) : instructor
  • Health program management & evaluation

Pengalaman Kerja 

  • Dokter Spesialis Jantung & Pembuluh Darah (Intervention) di RSUD Kota Bekasi, 2014
  • Dokter Spesialis Jantung & Pembuluh Darah di RSUD Sekayu, 2013-2014
  • Dokter Spesialis Jantung & Pembuluh Darah di RS Jakarta, 2013
  • Dokter Spesialis Jantung & Pembuluh Darah di Harapan Kita, 2009-2013
  • Dokter Klinik 2008-2009
  • APO Health, UNICEF, Maluku Tenggara Barat, Indonesia, 2006-2008
  • Dokter Umum, Chevron, Jawa Barat, Indonesia, 2006
  • Dokter Umum, Medicins Sans Frontieres Belgium (MSF-B), Jawa Barat, Indonesia, 2006
  • Medical Supervisor Merlin, International NGO Merlin, Aceh, Indonesia, 2005-2006

Pelatihan

  • Occupational health & safety course, Semarang, 2004
  • Emergency medicine, Universitas Diponegoro, Semarang, 2004
  • Tim work and leadership training, Minister of health Indonesia, Medan, 2005
  • Quality Management Training, Merlin, Banda Aceh 2005
  • Vaccine and Cold Chain Management, Unicef and Merlin, Aceh Jaya 2006
  • Emergency Preparedness Response Training (EPRT), Unicef, Makasar, 2007
  • Clinical Cardiology and ECG course, National cardiac center Harapan Kita Hospital, Jakarta, 2008

Seminar

  • Coronary heart diseases and Stroke up date management, Glean eagles Hospital, Jakarta 2004.
  • Endocrinology and Cardiovascular diseases Management, Pertamina Hospital, Jakarta 2004
  • Type 2 Diabetes mellitus management, Zaenol Abidin Hospital, Banda Aceh, 2005
  • Health System Management, and Hypertension therapy, University of Syiah kuala Banda Aceh 2005
  • Clinical Cardiology and ECG course, Harapan Kita Hospital, Jakarta, 2008
  • Mengapa Pemasangan Ring Jantung Menjadi Pilihan Utama Bagi Penyakit Jantung Koroner dan Serangan Jantung ?

    Penyakit jantung koroner yang bermanifestasi sebagai serangan jantung merupakan penyebab kematian utama pada kelompok usia produktif, data di Indonesia berdasarkan RISKESDAS (Riset Kesehatan Dasar) menunjukkan penyakit jantung koroner termasuk dalam 5 besar penyebab kematian di Indonesia.

    Infark miokard

    Read More

    Penyakit jantung koroner yang bermanifestasi sebagai serangan jantung merupakan penyebab kematian utama pada kelompok usia produktif, data di Indonesia berdasarkan RISKESDAS (Riset Kesehatan Dasar) menunjukkan penyakit jantung koroner termasuk dalam 5 besar penyebab kematian di Indonesia.

    Infark miokard akut dengan elevasi segmen ST (IMA-EST) atau serangan jantung didefinisikan sebagai timbulnya gejala dan tanda iskemia jaringan otot jantung secara akut berupa nyeri dada khas infark yang disertai perubahan gambaran elektrokardiografi (EKG) berupa elevasi segmen ST yang menetap, gambaran left bundle branch block (LBBB) baru, atau terbentuknya gelombang Q patologis, disertai tanda kerusakan sel otot jantung berupa naik atau turunnya kadar biomarker troponin setidaknya diatas persentil ke-99 dari nilai rujukan teratas.

    Serangan jantung dibuktikan melalui teknik pencitraan berupa hilangnya jaringan sel otot jantung yang baru yang ditandai oleh perubahan gerakan regional otot jantung, adanya gambaran trombus dalam pembuluh darah koroner yang terdeteksi melalui angiografi atau otopsi.

    Pada umumnya pasien IMA-EST mengalami sumbatan total pembuluh darah koroner epikardial. Tujuan tatalaksana pada kelompok kasus ini yaitu mengembalikan aliran darah koroner secara cepat sehingga aliran darah ke distal dapat kembali normal dengan cara reperfusi mekanik berupa intervensi koroner perkutan primer (IKPP) atau dengan farmako reperfusi yaitu fibrinolitik.

    Intervensi koroner perkutan primer (IKPP) atau ring jantung merupakan pilihan utama terapi revaskularisasi mekanik dalam menangani pasien infark miokard akut dengan elevasi segmen ST (IMA-EST) atau serangan jantung. Angka kematian pasien IMA-EST di dunia menunjukan penurunan seiring dengan berkembangnya pengobatan modern, dan meningkatnya penggunaan tindakan IKPP atau ring jantung.

    Saat ini di Indonesia seiring dengan adanya layanan jaminan kesehatan nasional (JKN) dan asuransi kesehatan lainnya, tindakan pemasangan ring jantung gawat darurat atau Intervensi koroner perkutan primer (IKPP), sudah merupakan hal yang lazim di temui di lapangan. Di OMNI Hospital Cikarang sendiri, telah tersedia pelayanan intervensi koroner perkutan (Ring Jantung).

    Artikel ditulis oleh dr. Kabul Priyantoro, Sp.JP(K), FIHA (Dokter Spesialis Jantung & Pembuluh Darah Konsultan Kardiologi Intervensi OMNI Hospital Cikarang)

    Pendidikan & Pelatihan dr. Kabul Priyantoro, Sp.JP(K), FIHA :

    • Fellowship Program Cardiology Intervention at RS Jantung Binawaluya Jakarta
    • S2 Pendidikan Spesialis Jantung & Pembuluh Darah Universitas Indonesia
    • S1 Pendidikan Dokter Umum Universitas Diponegoro, Semarang

    Jadwal Praktek :

    Senin - Jumat    : Pk. 13.00 - 16.00 WIB

  • RS OMNI - EMC Cikarang Sukses Melakukan Bypass Jantung Koroner Pertama diKabupaten Se PURWABEKA

    OMNI Hospital Cikarang milik group EMC Healthcare mengumumkan sudah  mendirikan  pusat  pelayanan  jantung  dan  pembuluh  darah (Heart & Vascular Center) yang komprehensif dan sudah berhasil melaksanakan bedah jantung terbuka pertama

    Read More

    OMNI Hospital Cikarang milik group EMC Healthcare mengumumkan sudah  mendirikan  pusat  pelayanan  jantung  dan  pembuluh  darah (Heart & Vascular Center) yang komprehensif dan sudah berhasil melaksanakan bedah jantung terbuka pertama atau tidak pernah dilakukan sebelumnya di Kab. Se-PURWABEKA.  Jenis bedah jantung yang dilakukan ini adalah Operasi Coronary Artery Bypass Graft (CABG) atau yang lebih lazim disebut orang awam Bypass Jantung Koroner. Keberhasilan operasi besar dan sulit ini tentu menjadi suatu kemajuan bidang ilmu kedokteran khususnya Ilmu Bedah Jantung Koroner di kabupaten Se-PURWABEKA.  Selama ini, operasi bedah jantung koroner ini harus dilakukan keluar kabupaten Se-PURWABEKA, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, bahkan keluar negeri.   

    Direktur OMNI Hospital Cikarang, dr. Rudy Susanto, menjelaskan secara sederhana bahwa tindakan atau prosedur CABG sebenarnya adalah pembuatan jalur baru atau  bypass  di sekitar  coronary  artery  yang  tersumbat  akibat  tumpukan  lemak,  thrombus  yang disebut trombosis atau aterosklerosis. Jalur baru yang sudah tersambung ini akan membuat aliran darah yg menuju organ jantung  menjadi  lancar sehingga sel jantung  cukup mendapatkan  nutrisi dan oksigen  dan akan membuat jaringan jantung dan otot jantung menjadi  kuat untuk memompa darah keseluruh tubuh untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi organ tubuh lainnya. “Bedah Jantung Koroner terbuka pertama di kabupaten  Se-PURWABEKA ini tentunya  merupakan  suatu prestasi besar pusat pelayanan  jantung (Heart & Vascular Center) Rumah Sakit EMC-OMNI Cikarang yang didukung oleh Dokter Spesialis Jantung, Pembuluh Darah dan Bedah Jantung berpengalaman luas dan kompeten di bidang kedokteran kardiovaskuler, dan sudah banyak melakukan bedah bypass jantung koroner dan pergantian katup jantung dengan sukses”.

    Sukses bypass jantung koroner ini menjadi kebanggaan jajaran managemen OMNI Hospital Cikarang karena menjadi suatu milestone baru dan sejarah penting bagi OMNI Hospital Cikarang, yang saat ini sedang terus menerus berupaya merealisasikan tiga misi utama EMC Healthcare Group yaitu memperioritaskan  kebutuhan  kesehatan  dan  keselamatan  pasien,  membudayakan  pembelajaran  dan inovasi  yang berkelanjutan,  dan mendirikan  pusat pelayanan  kesehatan  unggulan  terbaik  yang berkualitas internasional kepada pasien, keluarga pasien, mitra usaha, dan masyarakat di semua pemerintahan Se Kabupaten  PURWABEKA,  khususnya  pelayanan  bagi pasien dengan  penyakit  jantung,”  kata dr Rudy Susanto, Selasa (26/10/2021).

    dr. Rudy Susanto menjelaskan,  tindakan CABG  ini dilakukan  pada pasien  Pria berusia  57 tahun  dengan riwayat penyakit  jantung  koroner  yang membutuhkan  bedah  jantung  terbuka  bypass.  Ruang  Operasi  Rumah Sakit OMNI Cikarang yg sudah di lengkapi dengan heart and lung machine menjadi tempat pelaksanaan bedah jantung terbuka ini. Lebih lanjut dr. Rudy menyebutkan tim pusat pelayanan jantung OMNI Hospital Cikarang adalah dr. Marolop Pardede, Sp. BTKV, ketua tim operator, dr. Kabul Priyantoro, Sp. JP Interventionalis, dan dr. Mailani Karina Akhmad, Sp.JP dan dokter subspesialis penunjang Anestesi Cardiovascular, dr. Yudhi Prasetyo Sp, An. Operasi Jantung Bypass ini sukses dilaksanakan pada tgl 24 Oktober lalu. Proses perawatan paska operasi pasien ditangani oleh dokter dan perawat spesialis di bidangnya. Operasi jantung berjalan selama kurang lebih 6 jam.

    Setelah bedah jantung bypass selesai, pasien dipindahkan ke Ruang ICU (Intensive Care Unit) untuk diobservasi lebih lanjut selama 6-8 hari. Selama di Ruang ICU pemulihan keadaan pasien cukup cepat dan dari hari kehari keadaan pasien tercatat semakin stabil dan membaik, dan hari ini, tgl 1 November 2021, kondisi pasien membaik dan diperbolehkan untuk pulang dari OMNI Hospital Cikarang. “Kami mengharapkan kesuksesan operasi bypass jantung koroner atau CABG pertama di Kab. Se-PURWABEKA ini akan menjadi awal sukses yang baik untuk mempersiapkan kapabilitas Rumah Sakit kami dengan lebih baik lagi untuk menerima kasus-kasus operasi jantung CABG berikutnya, bukan hanya dari kabupaten Bekasi, tetapi juga kabupaten Kerawang, Purwakarta (PURWABEKA) dan dari daerah lain di luar Jawa Barat.  

    Kami atas nama dewan direksi dan direksi korporat EMC Healthcare Group dan seluruh jajaran managemen unit bisnis dan divisi memberikan penghargaan tertinggi dan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh tim pusat jantung dan pembuluh darah OMNI Hospital Cikarang yang terlibat sehingga tindakan CABG ini bisa terlaksana dengan sukses," papar dr. Rudy.

    Pusat Pelayanan Jantung & Pembuluh Darah Rumah Sakit OMNI-EMC Cikarang sudah memulai pelayanannya sejak tgl 1 September 2021 yang lalu setelah mendapatkan ijin untuk pemanfaatan atau utilisasi fasilitas Cath Lab nya dari BAPETEN. Belum dua bulan sejak mulai operasional, pusat jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit OMNI-EMC Cikarang sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat setempat dan sekitar Kab. Se - PURWABEKA dan sudah berhasil melakukan lebih dari 10 intervensi dan tindakan kasus kasus jantung dan pembuluh darah.

    Grand Opening dan peresmian Pusat Pelayanan Jantung dan Pembuluh darah Rumah Sakit OMNI-EMC Cikarang akan di umumkan melalui konferensi pers yang akan laksanakan pada tanggal 3 November 2021 di area parkir  dan lobi Rumah Sakit OMNI-EMC  Cikarang  dan akan  di hadiri  oleh  pejabat-pejabat  tinggi  dan  tertinggi pemerintahan kabupaten Bekasi, dinas kesehatan, ketua asosiasi profesi dokter (IDI), dan dokter dokter jantung dan pembuluh  darah (PERKI),  mitra usaha  Rumah Sakit baik dari suppliers  maupun  penjamin  pembiayaan  kesehatan, pimpinan tertinggi dari Kepolisian Resor Metro Bekasi, Kapolsek, Dandim, Danramil, ketua ARSSI Purwabeka,  serta  Dewan  Direksi,  dan  jajaran  Direksi  Korporat  EMC  Healthcare Group.

OMNI Hospital Cikarang

Jadwal Praktek Dokter

Senin - Jumat : Pk. 13.00 - 16.00 WIB

 

OMNI Hospital Pekayon

Jadwal Praktek Dokter

Senin                 : Pk. 10.00 - 12.00 WIB

Selasa & Rabu  : Pk. 13.00 - 15.00 WIB

Kamis                : Pk. 16.30 - 18.30 WIB

Jumat                : Pk. 09.00 - 11.00 WIB