Alam Sutera DOCTORS

Dr. Martua Rizal, Sp.S, M.Kes

Doctor

Alam Sutera Dr. Martua Rizal

Dokter Spesialis Saraf / Neurologist

Specialities

  • Faculty Medicine at University of Udayana, Denpasar Bali
  • Education Program Neurologist at Padjadjaran University, Bandung
  • Health Master Program Padjadjaran University, Bandung

Working Experience

  • General Practicioner at Health Center Pasundan, Bandung, 2003-2006
  • General Practicioner at Dustira Hospital, Cimahi, 2004-2006
  • Departement of Health as Head Health Centre Cibiru, Bandung, 2006-2008
  • Penyakit Vertigo Dan Latihan Vestibular

    Penyakit Vertigo merupakan suatu gejala dengan sensasi dirasakan diri sendiri dan ditandai dengan rasa pusing seperti kepala berputar dan penglihatan terbalik. Penyakit vertigo bisa menyerang siapa saja, penderita pun akan

    Read More

    Penyakit Vertigo merupakan suatu gejala dengan sensasi dirasakan diri sendiri dan ditandai dengan rasa pusing seperti kepala berputar dan penglihatan terbalik. Penyakit vertigo bisa menyerang siapa saja, penderita pun akan mengalami rasa pusing yang sangat sakit. Bahkan pada kondisi yang berat, penyakit vertigo tidak mampu berdiri karena rasa pusing yang parah.

    Umumnya, penyakit vertigo yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan gangguan keseimbangan atau dalam istilah kedokteran disebut vertibular. Dalam kasus tersebut, penderita tidak merasa pusing jika duduk atau berdiri. Akan tetapi perubahan posisi, misalnya seperti tidur terlentang kemudian miring ke sisi yang terganggu maka akan mucul gejala penyakit vertigo.

    Guna menanggulangi vertigo yang sering kambuh, penderita harus banyak beristirahat dan minum air putih karena pada dasarnya tubuh membutuhkan cairan, serta kurangi konsumsi garam berlebih. Selain itu, ada juga pencegahan Penyakit vertigo dengan mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter dan rehabilitasi (dalam arti latihan untuk mengurangi gejala vertigo yang disebut latihan vestibular).

    Latihan vestibular memiliki beberapa tahap. Mulai dari posisi tiduran, duduk berdiri, hingga berjalan. Posisi tiduran melatih gerakan bila mata melirik ke kiri dan kanan, atas dan bawah, mengangkat kepala, serta menaruh kepala. Dan selanjutnya lakukan gerakan yang sama pada posisi lainnya.

     


    Referensi Dokter Specialis : Dr. Martua Rizal, Sp.S, M.Kes

    Center Of Excellence

Jadwal Praktek Dokter

Senin, Rabu & Jumat     :   07.00 - 09.00 WIB & 15.00 - 18.00 WIB

Selasa & Kamis              :   07.00 - 09.00 WIB

Sabtu                              :   07.00 - 09.00 WIB & 15.00 - 20.00 WIB