Alam Sutera DOCTORS

dr. Vetinly, M.Gizi, Sp.GK

Doctor

Alam Sutera dr. Vetinly

Dokter Spesialis Gizi / Clinical Nutrition

Obesitas dan Nutrisi

Specialities

  • S1 Dokter Umum Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta, tahun 2003
  • S2 Dokter Spesialis Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, tahun 2014

Pengalaman Kerja 

  • OMNI Hospital Alam Sutera November 2014-sekarang
  • Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya Jakarta
  • 8 Tips Sehat Selama Menjalani Puasa di Bulan Suci Ramadhan

    Menjalani puasa dengan baik dan lancar adalah idaman setiap orang selama di bulan suci Ramadhan. Sayangnya, terkadang beberapa kendala membuat Anda tidak bisa berpuasa dengan baik. Tapi tahukah Anda? Bisa

    Read More

    Menjalani puasa dengan baik dan lancar adalah idaman setiap orang selama di bulan suci Ramadhan. Sayangnya, terkadang beberapa kendala membuat Anda tidak bisa berpuasa dengan baik. Tapi tahukah Anda? Bisa saja beberapa kendala tersebut timbul dikarenakan makanan yang Anda konsumsi.

    Berikut beberapa tips yang diberikan dr. Vetinly. M. Gizi, Sp. GK selaku dokter spesialis gizi klinik OMNI Hospital Alam Sutera ketika menjadi pembicara seminar awam tentang Nutrisi Tepat Bagi Penderita Diabetes pada (31/6) lalu, agar dapat lancar menjalani puasa. Tips-tips ini dapat diterapkan secara umum untuk orang berusia lanjut dan juga ke semua kalangan. Apa saja? Ini dia:

    1- Saat sahur, ada baiknya untuk membatasi asupan teh dan kopi. Kedua minuman tersebut dikenal membuat metabolisme berjalan cepat. Hal ini dapat membuat Anda cepat haus meski tidak sampai dehidrasi.

    2- Konsumsi makanan yang berserat tinggi maupun lambat dicerna pada saat sahur. Contohnya, gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, hingga nasi merah. Hal ini akan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

    3- Saat berbuka, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kurma. Buah kurma mengandung gula serat, karbohidrat, kalium, dan magnesium. Konsumsi kurma akan menggantikan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa untuk sementara.

    4- Konsumsi pisang saat berbuka sangat baik untuk tubuh. Hal ini dikarenakan, pisang merupakan sumber kalium, magnesium, dan karbohidrat yang dapat mengisi asupan tubuh yang hilang setelah berpuasa.

    5- Kurangi makan gorengan saat berbuka. Gorengan dapat meningkatkan sel-sel lemak jahat di dalam tubuh. Bagi yang telah berusia lanjut, amat baik untuk menghindari gorengan karena tingginya lemak jahat yang dikandung.

    6- Batasi makanan yang cepat dicerna seperti gula saat sahur. Hal ini bisa membuat Anda cepat merasa haus saat menjalani puasa di siang hari.

    7- Konsumsi air atau jus buah sebanyak-banyaknya saat berbuka dan sebelum tidur. Tujuannya tentu saja untuk mengganti cairan tubuh yang hilang serta menyediakan kebutuhan cairan tubuh untuk keesokan harinya.

    8- Hindari terlalu banyak minum es maupun air es. Hal ini akan memicu rasa cepat kenyang di dalam tubuh. Padahal, Anda butuh asupan makanan gizi yang lengkap setelah seharian berpuasa.

    Selamat menjalankan ibadah puasa bagi Anda yang menjalankan.  

  • Tips Bagi Ibu Hamil & Menyusui Saat Puasa

    Puasa merupakan aktivitas yang wajib dijalankan oleh seluruh umat beragama muslim selama bulan suci ramadhan. Menjalankan puasa harus menahan rasa lapar dan haus dalam melaksanakan aktivitas puasa seharian penuh yakni

    Read More

    Puasa merupakan aktivitas yang wajib dijalankan oleh seluruh umat beragama muslim selama bulan suci ramadhan. Menjalankan puasa harus menahan rasa lapar dan haus dalam melaksanakan aktivitas puasa seharian penuh yakni mulai waktu imsyak hingga berkumandangnya adzan magrib. Meskipun begitu, kegiatan puasa boleh tidak dilakukan oleh ibu hamil dan ibu sedang menyusui sesuai ajaran islam yang memberikan kelonggaran bagi mereka dengan berpuasa di lain waktu dan membayar fidyah.

    Bagi ibu hamil dan ibu sedang menyusui ingin tetap menjalankan ibadah puasa adalah boleh saja, asalkan merasa mampu dan sanggup. Akan tetapi ada juga ibu hamil & menyusui mempunyai pertanyaan seputar perkembangan anak dalam janin, asupan gizi yang diserap buah hati, maupun kelancaran asi dalam benak mereka selama menjalankan puasa? Sebaiknya melalukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis kandungan bagaimana sebaiknya perihal kondisi Anda.

    Dengan merasakan kekhawatiran para ibu, OMNI Hospitals membuat beberapa tips bermanfaat bagi ibu hamil dan menyusui yang menjalankan ibadah puasa terhadap asupan makanan apa saja harus dipenuhi saat sahur dan berbuka puasa adalah sebagai berikut :

    Tips-tips saat sahur bagi ibu hamil dan menyusui :

    • Pilih makanan yang mengandung gizi seimbang yaitu 50% karbohidrat, 30% protein dan 10-20% lemak. Misalnya mengonsumsi nasi atau gandung disertai dengan daging, telur, ayam, tahu, tempe, dll.
    • Tambahkan sayur-sayuran dan buah-buahan dalam menu sahur Anda untuk melancarkan BAB sehingga tidak menimbulkan wasir.
    • Usahakan untuk mengonsumsi susu untuk menambahkan kekuatan, namun pemilihan susu juga harus diperhatikan agar tidak menimbulkan diabetes yang diakibatkan oleh peningkatan kadar gula dalam darah. Jadi pilihlah susu dan pemanis yang aman dan disarankan.
    • Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan pedas, guna menjaga pencernaan pada ibu hamil dan menyusui
    • Jangan lupa minum obat (jika ada beberapa obat yang perlu dikonsumsi) dan perbanyak minum air putih.

     

    Dan juga ada tips-tips buka puasa bagi ibu hamil dan Menyusui Saat Puasa:

    • Seperti orang yang berpuasa pada umumnya, awali lah buka puasa dengan makan-makanan yang manis dan hangat. Pada wanita hamil disarankan untuk membatasi mengkonsumsi makanan manis, jika ingin mengonsumsi makanan manis pilih makanan dengan pemanis yang aman
    • Sebaiknya jangan langsung mengonsumsi air es karena dapat menyebabkan kembung, bahkan pada wanita hamil dan menyusui disarankan untuk mengurangi dan membatasi kondumsi air es.
    • Jangan langsung mengonsumsi makanan berat dan berikanlah jeda, sehingga sistem pencernaan tidak dipaksa untuk bekerja keras setelah seharian beristirahat
    • Bagi ibu hamil dan menyusui disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat dengan gizi seimbang seperti buah-buahan. Karena makanan dengan serat uang tinggi membutuhkan proses pencernaan yang cukup lama sehingga lambung dapat bersiap (tidak langsung diminta untuk bekerja)
    • Sebaiknya jangan berbuka hingga kenyang karena dapat menyebabkan kantuk dan membuat tubuh menjadi gemuk.
    • Perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.

     

    Moms, itulah beberapa tips yang dapat diterapkan jika Anda ingin melaksanakan puasa. Semoga artikel diatas bermanfaat dan dapat membantu para moms dalam melaksanakan puasa selama bulan suci ramadhan.

     

Jadwal Praktek Dokter

Selasa & Kamis : 15.30 - 18.30

Sabtu                 : 14.00 - 17.00